SELAMAT DATANG
Blog untuk Penggemar Musik Metal

Black ~ Death ~ Doom ~ Electronic ~ Folk/Viking ~ Gothic ~ Heavy/Traditional ~ Orchestral/Symphonic ~ Power ~ Progressive ~ Speed/Thrash
\m/... GLOBAL METAL DOMINATION... \m/

Rabu, 09 Desember 2009

Amberian Dawn







Genre(s) : Neoclassical Power Metal
Lyrical theme(s) : Fantasy, Paganism
Origin : Finland (Helsinki)

Current line-up
*Heidi Parviainen - Vocals (2006-) (Agonia (Fin), Iconofear)
*Tuomas Seppala - Keyboards (2008-), Guitars (2006-2008) (Atheme One, Virtuocity, Twisted Silence)
*Tommi Kuri - Bass (2006-) (Atheme One, Virtuocity)
*Joonas Pykala-Aho - Drums (2006-) (Atheme One, Lathspell, Thaurorod)
*Kasperi Heikkinen - Guitar (2007-) (Guardians of Mankind, Merging Flare, Iconofear, Elenium (Fin), Gamma Ray)
*Emil "Emppu" Pohjalainen - Guitar (2008-)

Former/past member(s)
*Guitar:
Sampo Seppala (2006-2007) (Atheme One)
*Drums:
Heikki "Joey Edith" Saari (Session 2006-2008) (Norther, Atheme One, Force Majeure (Fin), Tuoni, Virtuocity)
*Keyboards:
Tom Sagar (2006-2008)

Info n Bio :

Amberian Dawn merupakan pendatang baru di kancah melodic metal, terutama untuk scene power metal dengan nuansa neo-classic style. Musik mereka melodic, dramatic dan powerful. Semua personil Amberian Dawn mempunyai histori dan pengalaman yang cukup lumayan di kancah musik metal di Finlandia. Sebut saja Tuomas Seppälä (keyboards), Heikki Saari (drums), Peter James Goodman (vocals) and Tommi Kuri (bass) yang pernah bermain di band Virtuocity. Setelah band ini bubar, gitaris / keyboardis Toumas Seppala memulai sesuatu yang baru dan fresh dengan membentuk Amberian Dawn.

Tahun 2006 terjadi sedikit perubahan line up, Peter James Goodman (vocals) dan Heiki Saari (drums) keluar dan masuk di band Norther. Penggantinya untuk posisi drummer masuk Joonas Pykala. Dan mereka mulai mencari vokalis, setelah beberapa audisi masuklah vokalis cewek dengan karakter vokal classical-soprano yang bernama Heidi Parviainen (Iconofear). Heidi merupakan pilihan yang tepat disamping bernyanyi juga mempunyai kemampuan untuk menulis beberapa lagu.

Selang beberapa lama masuklah Kasperi Heikkinen (Guardians Of Mankind, Merging Flare, Iconofear) untuk mengisi posisi gitar. Mereka mulai menggarap beberapa demo dan di Rockstar Production studio di Hyvinkää, Finland, kemudian Amberian Dawn melahirkan dua lagu demo pertama mereka yang bertitle "River of Tuoni" dan "Evil Inside Me".

Akhir Januari 2008 mereka baru me-release debut album pertama mereka yang bernama "River of Tuoni" lewat Suomen Musiiki dengan mendapatkan posisi terbaik di peringkat 36 di Finnish Album Chart. Dan dipertengahan 2008 mereka mendapatkan tiket untuk mendampingi EPICA di beberapa tour resminya di Eropa. Hal ini merupakan salah satu pembuktian bahwa musik Amberian Dawn mulai diterima di kancah musik metal Eropa.

Di tahun 2009 ini, Amberian Dawn merilis masterpiece mereka yang kedua "The Clouds of Northland Thunder" dan ada penambahan personil baru yaitu Emil Pohjalainen (Thaurorod) yang mengisi posisi gitar dengan menggantikan posisi gitarnya Toumas untuk penampilan live mereka, sehingga Toumas lebih fokus untuk mengisi keyboards. Mereka beberapa kali tampil di event-event metal diantaranya di beberapa festifal di Sweden Rock dan Metal Female Voices festifal di Eropa.

Album terbaru mereka "The Clouds of Northland Thunder" menampilkan penampilan terbaik dari lead singer Heidi Parvainen yang mempunyai karakter vokal opera yang lebih "berani" jika dibandingkan dengan karakter vokal Tarja Turunen. Karakter musik Amberian Dawn yang lebih heavy dan melodius serta sangat ter-influence- dengan neoclassic style membuat mereka lebih berani meng-eksplore- musik lebih luas. Ada beberapa track yang menampilkan performa keseluruhan personil band, baik itu dilihat dari permainan gitar (lead/solo gitar), thundering drums serta harmonisasi keyboards yang sangat athmosperic. Sebuah perpaduan indah dan sangat menyentuh membuat musik mereka terlihat lebih matang dan dewasa. Ada beberapa track yang jadi highlight di album ini, "He Sleeps in a Grove", "Incubus","Shallow Waters","Lost Soul" dan "Lion Heart". Stay Metal The Clouds !! \,,/

Discography

Promo CD Demo, 2006
River of Tuoni Full-length, 2008
The Clouds of Northland Thunder Full-length, 2009 [1 review, 88%]

Sumber :
http://www.metal-archives.com/ >> search band : Amberian Dawn
http://www.metal-archives.com/review.php?id=230036
http://en.wikipedia.org/wiki/Amberian_Dawn

http://www.amberiandawn.com
http://www.myspace.com/amberiandawn
http://www.youtube.com/amberiandawn
http://www.mikseri.net/amberiandawn
http://www.last.fm/music/Amberian+Dawn

0 komentar:

Posting Komentar