SELAMAT DATANG
Blog untuk Penggemar Musik Metal

Black ~ Death ~ Doom ~ Electronic ~ Folk/Viking ~ Gothic ~ Heavy/Traditional ~ Orchestral/Symphonic ~ Power ~ Progressive ~ Speed/Thrash
\m/... GLOBAL METAL DOMINATION... \m/

Rabu, 09 Desember 2009

Korpiklaani


KORPIKLAANI

Genre(s) :Folk Metal
Lyrical theme(s) : Mythical Stories, Nature, Drinking
Origin : Finland (Lahti)

Member :

Jonne Järvelä - Vocals, Guitars (2003-) (Shaman (Fin), Shamaani Duo)
Kalle "Cane" Savijärvi - Guitars (2003-) (Supreme Court)
Jarkko Aaltonen - Bass (2005-)
Matti "Matson" Johansson - Drums (2003-) (Crystalic, Falchion, Depravity (Fin), Psychopathic Terror)
Jaakko "Hittavainen" Lemmetty - Violin, Jouhikko, Bagpipes, Flute (2003-) (Astral (Fin), Poropetra, The Mist and the Morning Dew)
Juho Kauppinen - Accordion (2004-) (Demonic Cremation, Falchion)

Former/past member(s)
*Guitars:
Toni "Honka" Honkanen (2003-2005)
*Bass:
Arto Tissari (2003-2005) (Crystalic, Masterstroke (Fin))
*Drums:
Samu Ruotsalainen (Session 2003) (Finntroll, Barathrum, Rapture (Fin), Shape of Despair)
*Percussion:
Ali Määttä (2003-2005)

INFO :

Band Folk Metal yang satu ini memang 100% FOLK !!. Bagaimana tidak, disaat band-band lain masih menggunakan keyboards / synthesizer untuk iringan musik mereka, Koorpiklaani memakai tradisi alat-alat tradisional (Accordion,Violin,Jouhikko, Bagpipes, Flute) untuk mengekspresikan musik "orisinil" mereka. Disamping "basic" genre metal yang mereka mainkan, alat musik gitar, bass dan drum merupakan instrumen utama, dimana ciri khas Heavy Metal adalah "pondasi" dari musik mereka. Beberapa pendapat menyebutkan bahwa Koorpiklaani "memainkan musik rakyat dengan iringan riff heavy metal"(wikipedia).

Patut dicontoh untuk "semangat" melestarikan musik tradisional (FOLK) yang ada di jiwa band ini. Walaupun konsep "humppa/polka" (musik dansa yang sangat populer di Eropa dan Amerika Latin) pernah dipopulerkan oleh band Finntroll, tetapi Koorpiklani bisa membuat setiap pendengarnya merasa gembira karena musik mereka selalu membuat kita bergoyang dan berdansa. Lirik mereka yang bercerita tentang mitos (cerita rakyat setempat), Alam, dan Pesta, sesuai sekali dengan karakter musik Koorpiklaani.

BIOGRAFI :

Band ini berasal dari Finlandia. Tahun 1993 oleh Jonne Järvelä dan Duo Shamani (kemudian Shaaman) bermain musik folk dengan bahasa Sami (finlandia), kemudian bersama beberapa teman-temannya, bergabung membentuk band dengan nama Korpiklaani (dibentuk pada tahun 2002) .Line up pada waktu itu adalah : Jonne Järvelä - Vocals, Guitars, Matti "Matson" Johansson - Drums, Arto Tissari - Bass, dan Toni "Honka" Honkanen - Guitars. "Korpiklaani" diambil dari bahasa finlandia yang berarti "Klan/Suku/Bangsa Hutan/Rimba Belantara" atau biasa juga disebut dengan "Clan Of Wilderness".

Musik Korpiklaaani sangat kental dengan musik tradisonal finlandia, bahkan band ini tidak takut disebut sebagai "yokels" (sebutan untuk gaya bernyanyi tradisional di finlandia) yang hidup di tengah hutan belantara.Band ini mengambil inspirasi musik dari alam sekitar mereka tinggal (hutan). Dan mengekspresikannya melalui musik etnis yang cadas. Ciri khas etnik ini sangat menyatu di setiap karya - karya mereka.

Awal karier mereka dimulai di tahun 2003, dengan dirilisnya "Spirit Of The Forest" melalui label Napalm Records. Sebuah karya yang sangat kental dengan melodi "humppa/polka" dan segera mengundang para pendengar untuk berdansa. Album ini mencerminkan keseluruhan spektrum dari seni Finlandia Folk Metal . Setelah album debut mereka sukses, Korpiklaani merekrut member baru untuk mengisi posisi gitar kedua yaitu Kalle "Cane" Savijärvi. Dua tahun kemudian "Voice of Wilderness" dirilis pada yanggal 24 Januari 2005, dan Korpiklaaani berusaha mencari pemain akordion permanen untuk lebih mematenkan ciri khas "folk" di musik mereka. Pada akhir 2004 (sebelum dirilisnya "Voice of Wilderness") Juho Kauppinen bergabung secara resmi di Korpiklaani.

April/Mei 2006 Album "Tales Along This Road" dirilis dan mendapatkan review / respon positif dari fans. Album ini lebih cadas dan berat dibanding album-album sebelumnya, walaupun beberapa track mid-heavy( Midsummer Night,Spring Dance) dan lagu ballad (Under The Sun) ada di album ini, namun secara keseluruhan performa mereka sangat mengagumkan. 26 Juni 2007 "Tervaskanto" dirilis. Beberapa lirik memakai bahasa finlandia, dan album ini begitu menggebrak dengan penampilan "tervaskanto" dan "palovana" (up tempo songs). "Korven Kuningas" atau dalam bahasa inggris "''King of the Wilderness'' dirilis pada bulan Maret 2008. Sebuah album yang unik dengan menampilkan semua liriknya dalam bahasa Finlandia. Entah pesan apa yang disampaikan oleh band unik ini, sebuah pesan untuk mengenalkan finlandia keseluruh dunia melalui musik. Musik mereka lebih cenderung lebih thrash dan tentu saja ciri khas "humppa" melodies tetap ada. Ada beberapa track yang sangat berkesan di album ini, coba anda simak "Tapporauta","Metsämies","Keep On Galloping"Gods on Fire". Album terbaru Korpiklaani "Karkelo" / "Pesta" dirilis pada June 2009. Beberapa lagu seperti "Vodka", "Mettänpeiton Valtiaalle","Juodaan Viinaa", dan "Kultanainen", menampilkan formula baru, nuansa baru dan tentu saja masih ceria dengan tempo yang lebih cepat/thrash/heavy folk metal.


Discography

Spirit of the Forest Full-length, 2003 [8 reviews, average 83%]
Voice of Wilderness Full-length, 2005 [7 reviews, average 84%]
Tales Along This Road Full-length, 2006 [6 reviews, average 89%]
Tervaskanto Full-length, 2007 [3 reviews, average 82%]
Keep on Galloping Single, 2008
Korven Kuningas Full-length, 2008 [7 reviews, average 59%]
Vodka Single, 2009
Karkelo Full-length, 2009 [1 review, 80%]

Sumber :

http://www.korpiklaani.com/
http://www.myspace.com/korpiklaaniofficial
http://www.metal-archives.com/ >> search band "korpiklaani"
http://www.facebook.com/home.php?#/korpiklaani?ref=ts
http://en.wikipedia.org/wiki/Korpiklaani
http://www.metalstorm.ee/bands/band.php?band_id=415&bandname=Korpiklaani
http://en.wikipedia.org/wiki/Polka
http://en.wikipedia.org/wiki/Humppa
http://en.wikipedia.org/wiki/Yoik

0 komentar:

Posting Komentar